Tentang Psikologi Trading

Mungkin topik ini bukanlah perhatian utama para teman2 semua, krn yg saya perhatikan di kebanyakan forum, para trader lbh suka mencari 'Holy Grail' atau trading system yg membuat mreka 100% profit.. Sebuah anggapan yg naif memang, bahkan trader / investor / speculator sebesar Soros, Buffet atau Jesse Livermore pun pernah rugi ratusan juta dollar!

Tujuan ane bikin trit ini adalah utk saling berbagi tips dan pengetahuan mengenai hal yg 'terpenting' dlm trading, yaitu: Our Minds

Alexander Elder mungkin mengurutkanny dgn tepat: Mind-Money-Method

Hanya dgn Method (trading system) belaka, kita tdk akan bisa mendapatkan profit yg konsisten, krn dibutuhkan Money Management.. Namun dgn MM yg ketat pun bila akurasi trading system dudulz, sama aj kasih uang ke broker..
Semuanya itu tergantung pada Mind operatornya.. Mental balas dendam akan brpengaruh lngsng pada risk per trade atau position sizing.. Dan juga ketakutan akan berpengaruh pada jumlah profit yg didapat (pdhl mungkin signal system nya sdh akurat)

***

Mengapa trading itu sulit?
Sering orang yg sudah sukses dlm bisnis atau karier nya mulai merambah ke dunia trading.. Mereka berasumsi bahwa kesuksesan mreka di dunia nyata akan berbanding lurus dgn dunia trading.. They are deadly wrong!

Naluri kita di dunia nyata bila diaplikasikan di dunia trading sudah pasti akan menemui kegagalan! Mengapa? Karena di dunia nyata, bila kita menemui suatu kenikmatan, naluri awal kita adalah hendak langsung menikmatinya, sedangkan bila kita mengalami suatu kepahitan, kita berharap hal itu akan hilang dgn sendirinya..

Hal itu bila diaplikasikan dlm dunia trading adalah: bila kita mendapatkan profit kecil, naluri kita adalah hendak mengeksekusi profit itu sedini mungkin, dan bila kita mengalami loss, bukan ny melakukan tindakan utk menyelamatkan diri, kita malah berharap harga akan berbalik yg kemudian tdk jarang MC menghampiri kita

Nyatanya rahasia trading sudah sering kita dengar sehari2, dan kenyataanny tempat terbaik menyembunyikan rahasia adalah di tempat terbuka
Rahasia itu berbunyi: Cut your losses short, and let your profit run..

Dua hal itu diperlukan skill mental yg sangat berbeda.. Di satu sisi kita perlu bertindak ringkas utk memadamkan kerugian yg lbh besar, namun di sisi lain kita mesti tenang dan rileks membiarkan profit terus berkembang..

Itu adalah pokok dr psikologi trading, msh byk hal lain yg perlu dibahas.. Dan bahwasanya hanya teori tdk akan berguna bagi kita semua, mungkin di pembahasan berikutnya ane akan memberikan tips2 atau latihan yg mungkin brguna bwt ane pribadi dan juga rekan2 trader semua..
Atau mungkin rekan trader ada yg mau membahas tentang topik ini, nanti ane pajang di pejwan

lanjut ke materi-materi di postingan kedua............


Writing By Aga. Terrow

Komentar