Mapping area secara sederhana menggunakan fibo Weekly

1. Buka TimeFrame H4 dengan memfungsikan periode separator dengan settingan layar chart seperti gambar di bawah ini, centang ya yg dilingkari merah


2. Tampilan h4 dengan periode separator dan arti periode separator h4
Angka 0 adalah pergerakan mingguan harga pada minggu skrng
Angka 1 adalah pergerakan mingguan harga pada seminggu sebelumnya yg akan kita gunakan untuk peletakan Fibo



3. mulai meletakan Fibo

Tarik fibo dari angka 3 ke 2 atau dari 2 ke 3 Tanya : koq gak nariknya dari 1 ke 3? Jawab :karena kita ingin membuat maping pergerakan minggu ini dengan pergeraka harga di minggu kemarin. (cara klasik dimana waktu belum ada mt4 secara visual, dmn para trader2 tua hanya menggunakan pergerakan yg telah terjadi pada minggu sebelumnya dengan melihat angka Hi – Lo – Open – Close dari harga yg terjadi di minggu lalu)
Perlu di inget area fibo 38.2 s/d 61.8 adalah area yg bersifat rentan konsolidasi
0 , 23.6 , 76.4 dan 100 adalah area yg bersifat penerusan harga yg dimana setelah smp ke level2 tersebut ketika harga mampir lagi ke level 38.2 s/d 61.8 biasanya kebanyakan hanya untuk retest.




4. Memulai mapping di menggambarkan peta di h1 sebagai penentuan atau perkiraan kmn harga akan mengarah




Nah dari mapping tadi kita bias membuat rencana apa yg akan kita lakukan jika market “Begini” dan jika market “Begitu” bias di tambahkan indicator lain untuk melihat “Reaksi” yg terjadi pada area2 yg kemungkinan terjadi pergerakan yg “Mungkin” Sama dengan yg diperkirakan dari Mapping yg kita buat. nah fungsi mapping area adalah, agar kita lebih memiliki cara system kerja yg matang dalam menghadapi pergerakan market, jadi kita tidak akan “terlalu kebingungan” ketika market tidak sesuai dengan analisa…
Semoga pembelajaran menggambar mapping area secara sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman2 semua… Write by : Eka Setiawan (DeKa)

Komentar